Apa Itu Hits, Sessions, dan Users?

session

Ada beberapa istilah yang akan kita temui bila menggunakan Google Analytics seperti session, visits, conversion, pages, hits, dan lain sebagainya. Bila pekerjaan kita berkutat di Google Analytics, kita harus mengerti apa maksud dari semua istilah itu.

Apa itu Hits?

Hit itu adalah kumpulan beberapa data yang dikirimkan ke server analytic untuk diproses. Jadi hit itu bisa diibaratkan sebuah gambar kecil berisi data yang dikirimkan dari website atau aplikasi ke server untuk diproses.

apa itu hits

Berikut beberapa data umum yang termasuk hit dalam Google Analytics.

Pageviews/Screenviews: Sebuah pageview (istilah untuk website atau screenview untuk perangkat seluler) biasanya otomatis dihasilkan dan pageview ini merupakan ukuran dasar dalam Google Analytics. Pageview ini berisi Pageview / visit dan Avg. Time on Page atau rata-rata waktu yang dihabiskan pada suatu halaman.

Pageview itu sendiri mempunyai pengertian total dari berapa kali halaman tersebut dilihat. Bila halaman tersebut dilihat beberapa kali (baca direfresh), pageview ini akan tetap memberikan nilai satu setiap kali dilihat/direfresh.

Events: Pikirkan bahwa event itu seperti penghitung. Event ini digunakan untuk mengukur seberapa sering seorang pengguna melakukan sesuatu dalam sebuah konten. Berbeda dengan Pageview yang mana akan otomatis dihitung, sebuah event harus diimplementasikan secara manual.

Anda biasanya memicu sebuah event/peristiwa ketika pengguna melakukan sesuatu aksi. Aksi ini bisa saja seperti mengklik sebuah tombol, klik sebuah link, menggeser layar, dan lain sebagainya. Intinya dari event ini adalah menghitung sebuah kegiatan yang pengguna lakukan pada suatu halaman atau layar.

Transactions: Sebuah transaksi / transaction dikirimkan ketika seorang pengguna menyelesaikan sebuah transaksi elektronik di internet. Dalam Google Analytics, anda harus mengimplementasikan ecommoerce tracking untuk mengumpulkan data-data transaksi. Anda dapat mengirimkan data berupa informasi produk (kode produk, warna, nama produk dan sebagainya) dan juga informasi yang bersifat transaksi seperti ongkos kirim, pajak, cara pembayaran dan sebagainya.

Social hit: Apakah anda pernah mengklik tombol share, like, tweet pada sebuah website? Jika anda ingin mengetahui data dari tombol sosial network maka gunakan fitur ini. Social hit ini harus diimplementasi secara manual.

User timing: User timing ini menawarkan anda sebuah metode yang sederhana untuk mengukur waktu yang sesungguhnya diantara dua aktivitas. Contohnya, anda dapat mengukur berapa waktu yang diperlukan ketika sebuah halaman dibuka dan kapan seorang pengunjung mengklik sebuah tombol.

Dan sebenarnya masih banyak tipe dari hit ini.

Perhatikan URL dari Google Analytics di bawah ini.

http://www.google-analytics.com/collect?v=1&_v=j16&a=164718749&t=pageview&_s=1&dl=http%3A%2F%2Fcutroni.com%2F&ul=en-us&de=UTF-8&dt=Analytics%20Talk%20-%20Digital%20Analytics%20for%20Business&sd=24-bit&sr=1920×1080&vp=1308×417&je=1&fl=12.0%20r0&_utma=32856364.1751219558.1391525474.1391525475.1391525475.1&_utmz=32856364.1391525475.1.1.utmcsr%3D(direct)%7Cutmccn%3D(direct)%7Cutmcmd%3D(none)&_utmht=1391525534970&_u=cACC~&cid=1751219558.1391525474&tid=UA-91817-11&z=378275262

Dalam URL tersebut tersimpan beberapa data yang dikirimkan kepada server GA. Sebuah hit akan diubah menjadi sebuah dimensi selama diproses.

laporan dalam GA

Session

Session itu sebenarnya kumpulan dari beberapa hit dari sebuah pengguna yang sama, digabungkan jadi satu. Ketika Google Analytics mendeteksi tidak ada aktivitas sama sekali dari seorang pengguna maka sistem akan mengakhiri session tersebut dalam jangka waktu tertentu dan membuat session yang baru ketika seseorang melakukan aktivitasnya lagi.

pengertian session

Default waktu dari session ini bila menggunakan Google Analytics adalah 30 menit. Kita bisa mengubah aturan ini bila dalam halaman tersebut ada video yang berdurasi dari 30 menit. (silakan baca artikel ini untuk mengubah pengaturan batas waktu session).

Users

Seorang pengguna diidentifikasi dengan menggunakan sebuah angka anonim ataupun sebuah karakter huruf. Google Analytics membuat sebuah pengenal ketika pertama kali pengguna terdeteksi.

Pengenal ini dikirimkan juga ke Analytics bersama-sama pada saat hit dikirimkan. Lalu di server Analytic, hit ini akan digrupkan (yang akhirnya menjadi session) dengan menggunakan pengenal yang dikirimkan bersama hit sebagai kode unik untuk menandakan seorang pengguna.

Pengenal ini sering disebut dengan istilah cookies.

hit data

Mudah-mudahan penjelasan mengenai Hits, Sessions, dan Users ini bisa membantu anda ketika belajar Google Analytics.

Apakah ada yang ingin anda tambahkan? Silakan beri komentar di bawah ini.

 

Be the first to comment on "Apa Itu Hits, Sessions, dan Users?"

Leave a comment

Your email address will not be published.

*